Jumat, 08 Maret 2013

BAB 3 AKSES INTERNET



BAB 3 AKSES INTERNET
A.    perangkat lunak untuk mengakses internet

Pada dasarnya internet berisikan macam informasi yang di sajikan dalam suatu website. Untuk dapat mengakses website tersebut, kamu nmembutuhkan browser(perangkat lunak yang di gunakan untuk mengakses ke internet). Ada beberapa browser yang bisa mengakse ke internet diantaranya adalah internet explorer,mozila firefox, opera,google chorme dan netscape navigator.
1. Internet explorer
Windows Internet Explorer (dulu dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuahperamban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasiMicrosoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 (Inggris)pada saat itu.
Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer pada tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.
Sejak rilis pertamanya, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5),XMLHttpRequest (Inggris) (di versi 5) yang membantu pembuatan halaman web, dan Nama Domain yang Terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs web yang menggunakan alamat berkarakter non-Latin (seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar Internet Explorer.
Rilis stabil Internet Explorer paling baru adalah Internet Explorer 9, yang tersedia sebagai pembaharuan gratis bagi Windows 7,Windows Vista, dan Windows Server 2008.
 2 .Mozila firefox
Mozilla Firefox , adalah sebuah aplikasi untuk browsing yang sangatpopuler,dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open
source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox
juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang
memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.
Jika anda memerlukan aplikasi browsing yang  ngacir dan teruji keamanannya saat travellingdi internet, Software ini wajib di coba dan dijadikan aplikasi browsingutama.
Sottware ini mampu melindungi PC / Laptop kita dari virus, worm, trojan horse dan spyware. Bukan menghapus, jangan salah arti. Maksudnya, jika anda tanpasengaja mengakses situs yang berbahaya, Kita akan menerima pesanperingatan bahwa situs tersebut berbahaya untuk dibuka. Warning gitu.
            B .Mengakses halaman web
     Sudah bukan rahasia lagi bahwa akses internet di Indonesia termasuk lamban. Apalagi    jika kita berlangganan ISP yang kurang baik, maka aksesnya bisa lebih lamban lagi. Namun terlepas dari masalah ini, sebagai netter kita dapat melakukan berbagai kiat agar akses internet kita jadi lebih cepat. Berikut adalah beberapa tip yang semoga dapat berguna bagi anda:
1.      Perhatikan jam akses. Biasanya kecepatan akses komputer pada jam-jam tertentu akan berbeda dengan jam yang lain. Siang hari, kira-kira pukul 09.00 s/d 15.00, jalur komunikasi telepon sangat sibuk, karena banyaknya masyarakat dan perusahaan yang mengakses internet, dan menggunakan telepon pada jam-jam tersebut. Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses di mana dalam satu jalur yang sempit, dimasuki oleh banyak data (bottleneck). Akan lebih baik jika keperluannya tidak terlalu mendesak, sebaiknya mengakses internet pada malam hari atau bahkan dini hari, sewaktu banyak orang sedang beristirahat malam.
2.      Disable auto load image. Untuk anda yang hanya ingin membaca berita atau sekedar menulis dan mengirim email, akan lebih bijaksana jika fasilitas Auto Load Image - atau Auto Load Multimedia untuk IE 4 - dinonaktifkan. Hal ini penting sebab bukan rahasia lagi bahwa yang paling domiman mempengaruhi lambatnya akses internet adalah banyaknya grafik (gambar) dalam suatu homepage.
3.      Perhatikan indikator. Terkadang suatu website akan tampak lama sekali untuk diakses. Anda dapat melihatnya suatu saat bahwa grafik indikator atau angka kecepatan loading dokumen tidak bertambah-tambah. Ada dua sebab yang membuatnya demikian. Pertama, mungkin saja jalur komunikasi telah penuh sehingga menyebabkan antri data, atau data yang telah dikirim dan akan diterima \\\"hilang\\\" di tengah jalan. Solusinya, akan lebih baik jika anda menekan tombol \\\"reload\\\" (atau \\\"refresh\\\") agar data dimuat kembali. Buka beberapa jendela browser. Pada saat kita menunggu suatu website selesai dimuat seluruhnya, akan lebih bijaksana jika kita membuka jendela browser yang baru dan mengakses alamat website yang baru pula. Membuka satu per satu alamat website pada satu jendela browser adalah tidak bijaksana dan tidak efisien.
4.      Tutup jendela yang tidak perlu. Ini adalah kebalikan dari point di atas. Ada kalanya, kita terlalu bersemangat sehingga jendela browser yang kita buka sangat banyak, sehingga alamat web yang kita akses pun tak kalah banyaknya. Tentu saja hal ini sangat mempengaruhi kecepatan akses internet, karena banyaknya data yang harus dikirim dan diterima. Untuk itu, tutuplah jendela browser yang tidak perlu
C .Mengenal mesin pencari (search engine)
Mungkin kebanyakan dari kita sudah cukup mengenal mesin pencari dan cara penggunaannya. Ketik satu kata atau frasa yang mewakili apa yang kita cari, tekan sebuah tombol, tunggu beberapa detik, akan muncul referensi ke ribuan, ratusan ribu, bahkan jutaan referensi. Yang kita lakukan selanjutnya hanya memilih salah satu diantaranya, klik pada link yang tersedia, dan kita akan dibawa menuju sumber informasi – file – yang bersangkutan. Apa sebetulnya mesin pencari selain pengertian umum dalam bentuk “cari dan temukan”?
Di balik layar, mesin pencari adalah perangkat lunak yang menggunakan program untuk mengumpulkan informasi mengenai halaman-halaman web. Informasi yang dikumpulkan umumnya berupa kata kunci atau frasa kunci yang kemungkinan besar mewakili isi dari halaman yang bersangkutan secara keseluruhan, alamat URL halaman tersebut, kode pemrograman yang dipergunakan untuk membentuk halaman tersebut, serta link ke dan dari halaman tersebut. Informasi tersebut kemudian disimpan dalam suatu database.
Di sisi lain perangkat lunak tersebut memiliki antar-muka dimana pemakai memasukan kata atau frasa tertentu yang dianggap mewakili apa yang dicarinya. Ketika pemakai menekan tombol, sistem logika dalam perangkat lunak tersebut akan memeriksa file yang tersimlan dalam database dan memunculkan link ke halaman-halaman web yang dinilai cocok dengan kata atau frasa yang dimasukkan pemakai.
Proses pengumpulan informasi mengenai halaman-halaman web dilakukan oleh agen yang sering disebut sebagai crawler, spider, atau robot. Crawler mengunjung setiap alamat URL yang ada pada jaringan internet, mengumpulkan kata dan frase kunci dari setiap halaman web, yang kemudian dimasukkan ke dalam database yang menjadi basis informasi mesin pencari.
Jumlah website dalam jaringan internet telah melampaui angka 100 juta dan mengalami penambahan sekitar 1,5 juta setiap bulannya. Bayangkan bahwa sistem mesin pencari seperti otak kita. Mengingat setiap kata yang pernah kita baca, menyimpannya di dalam otak kita, dan ketika ada orang lain bertanya mengenai sesuatu yang pernah kita baca, semua hal yang pernah kita baca dan berhubungan dengan pertanyaan tersebut akan bermunculan.
1 .Mesin pencari google
Google, sebuah kata ngetren yang sangat tidak asing bagi pengguna internet seluruh dunia dan telah menjadi fenomena dunia yang tidak terbantahkan dalam menyajikan kemudahan mencari dan mengunduh informasi dunia tanpa batas ruang dan waktu.

Dewasa ini, Google telah bermetamorfosis menjadi sebuah kata kerja yang seharusnya merupakan kata benda. Karena Google adalah sebuah perusahaan. Namun, seringkali kita mendengar orang lain mengatakan “Googling”. Artinya mereka akan mencoba mencari tahu sesuatu atau menanyakan sesuatu pada Om Google tentang apa, siapa dan bagaimana sesuatu itu bisa diperoleh dengan cepat dan tepat.

2 .Mesin pencari altavista

Altavista.com adalah salah satu veteran search engine terbesar. Selama bertahun-tahun, sebelum kelahiran situs-situs search engine di atas, Altavista.com merupakan search engine yang cukup diperhitungkan. Pada masa jayanya, Altavista.com mampu menampilkan serangkaian informasi dari database situs lain, semisal dari AskJeeves.com, RealNames.com dan LookSmart.com. Tetapi pada Mei 2001, kejayaan tersebut mulai luntur sehingga banyak dari tambahan informasi tersebut lenyap atau tidak muncul sebagai mestinya. Altavista.com pada awal Maret 2002 mengklaim dirinya telah memasukkan sekitar 500 juta informasi dan situs ke databasenya, tetapi Searchenginesshowdown.com menyatakan hanya sekitar 397 juta buah

D .Layanan Internet
1 .E-mail(surat elektronik)
Surat elektronik atau pos elektronik  (bahasa Inggris: email’) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).
 Pengertian atau arti email dalam bahasa inggris
Electronic mail, also known as email or e-mail, is a method of exchanging digital messages from an author to one or more recipients. Modern email operates across the Internet or other computer networks.
Cara Kerja Email

Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Untuk lebih jelasnya lihat diagram dibawah. Contoh yang dipakai adalah layanan SMTP dan POP3.

    Saya menulis surel → e-mail client (di komputer saya) → SMTP server penyedia e-mail saya → Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si penerima) → surat dibaca si penerima

Email manfaatnya atau Fungsinya

Banyak sekali yang bisa dilakukan dengan email, akan sangat lucu hari jika kita berselancar di internet tapi tidak memilki alam email.

Contoh :

    Kirim apapun lewat internet sarananya adalah email; surat, foto, gambar, ebook, video, dll
    Aplikasi apapun menggunakan email untuk daftar; fb, buat blot/site, jadi anggota milis, dll.
    Kebutuhan lain; kontak person, periklanan, klik bank, dll.
    Bahkan email bisa digunakan untuk menyimpan sebuah file.

Pengertian Email Client

Email client, email reader, atau lebih formal  Mail User Agent (MUA), adalah program komputer yang digunakan untuk mengelola email pengguna. Istilah ini dapat mengacu pada sistem yang mampu mengakses kotak surat email pengguna, terlepas dari itu menjadi mail user agent, server menyampaikan, sebuah aplikasi web yang menyediakan manajemen pesan, komposisi, dan fungsi penerimaan ini kadang-kadang juga dianggap sebagai email client, tetapi lebih sering disebut sebagai webmail.

Diatas adalah berbagai hal yang membahas lebih jauh tentang pengertian email (electronic mail) menurut para ahli dari mulai arti, fungsinya, manfaatnya sampai dengan cara kerja email itu sendiri. Dan berbagai hal yang berhubungan seperti email client atau fungsi. Sekarang anda sudah mengertikan bagaimana email itu sebenarnya.

2 .Mailing list(millis)
Milis (bahasa Inggris: mailing list) adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.
Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.
Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.
Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com.
Daftar untuk penggunaan milis dapat disebut sebagai daftar distribusi. Dalam milis yang legal atau tidak bermuatan spam, individu dapat berlangganan atau berhenti berlangganan sendiri
3 .Chatting

Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atausuara, demikian seterusnya.

Chatting tidak hanya populer kalangan remaja saja namun sekarang ini, sudah merambah kalangan dewasa bahkan orang tua sekalipun. Dengan chatting, kita bebas mengobrol apa saja mulai dari pekerjaan kantor, persahabatan, pelajaran sekolah, mata kuliah, percintaan & perjodohan, sampai dengan hal bersifat pribadi sekali pun. Saking bebasnya kadang-kadang membuat chatter-chatter kebablasan tanpa kontrol yang mungkin dapat membuat chatter lainnya marah dan tersinggung. Walaupun pada saat chatting, tidak terjadi tatap muka secara langsung, namun hal itu seharusnya tidak membuat para chatter meninggalkan etika ketimuran seperti dalam pergaulan pada umumnya. Sehubungan dengan etika dalam chatting, sudah banyak artikel di blog-blog, situs-situs, atau media lainnya yang mengulasnya, namun tidak ada salahnya untuk mengingatkan kembali akan pentingnya hal tersebut, maka pada TIPS DAN TRIK INTERNET kali ini akan memberikan tips tips dan etika yang ada hubungannya dengan chatting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar